Rabu, 14 Maret 2012

GUI

=>KONSEP DASAR
 Grafical User Interface (GUI) memfasilitasi programmer untuk merancang antar muka grafis
Kendali GUI utamanya dilakukan dengan cara implementasi interface java yang sudah tersedia
Pengendalian mouse, baik gerakan aksi tekan mouse atau gerak mouse dilakukan dengan mendfinisikan metod dibawah interface MouseListener dan MouseMotionListener
Pengendalian tombol didefinisikan dengan mengimplementasi interface ActionListener yaitu mendefinisikan metod ActionPerformed
Untuk menginput teks satu baris digunakan class TextField
Untuk membaca teks banyak baris digunakan class TetArea

=>PENGERTIAN
 GUI = Grafical User Interface adalah teknik pemrograman window dengan menggunakan komponen window sehingga user dapat berinteraksi dengan nyaman dengan window
Seluruh komponen window seperti Menu, Label, Button dll adalah subclass dari class Component
Teknis pembuatan GUI adalah sbb :
 
TAHAP MENDEFINISKAN OBJEK : 
lDefinisikan objek dari komponen yang akan ditaruh dalam frame pada saat frame dibuat (pada conctsructor frame yang kita definisikan)
lLetakkan objek dalam frame
 
lTAHAP MENDEFINISIKAN AKSI :
lTahap ini didefinisikan tergantung dari jenis komponennya
lPada komponen tombol aksi didefinisikan dengan cara mengimplementasi interface ActionListener
lPada komponen lain seperti Choice dll ada cara tersendiri
 
=>KOMPONEN UTAMA

  •           BUTTON
Komponen Button :
lConstructor
  Button() : mendefinisikan tombol tanpa label
  Button(String lbl) : mendefinisikan tombol dengan label lbl
lMethod :
  setLabel(String lbl) : untuk mengganti label dari tombol
  getLabel() : untuk mendapatkan label dari suatu tombol
  •           LABEL
 Komponen Label :
lConstructor
  Label (String lbl) : mendefinisikan Label dengan label lbl
lMethod :
  setText(String lbl) : untuk mengganti label dari Label
  getText() : untuk mendapatkan label dari suatu Label
Contoh : akan dibuat program mengendallikan efek tombol untuk membesarkan dan mengecilkan tulisan pada Label
     merubah ukuran label (besar, kecil) diatur dengan efek klik tombol
  •           TEXT FIELD
 
Komponen TextField :
lConstructor
  TextField (String txt) : mendefinisikan TextField berisi teks txt
  TextField (int n) : mendefinisikan TextField selebar n kolom
lMethod :
  setText(String txt) : untuk mengganti teks  pada TextField dg txt
  getText() : untuk mendapatkan text dari suatu TextField
lsetEchoChar( char) : menset char yang muncul jika diketik
lgetEchoChar( )  : mendapatkan char yang muncul
Contoh :
lakan dibuat program membaca angka bulat dari keyboard dan mencari nilai faktorialnya
lAngka dibaca dengan TextField tf1, hasil ditampilkan dengan TextField tf2
  •           TEXT AREA
lConstructor :
   TextArea(cacah baris , cacah kolom)
     
lMethod Penting :
l setText(String s) --?untuk merubah isi TextArea
l getText() -->untuk mengambil isi TextArea
l append(String s) --> menambahkan s ke dalam TextArea
l insert(String s, int p)--> insert string s dalam area posisi p
l replace(String s, int i, int j) --> replace text s dalam area mulai i s/d j
l select(int awal , int akhir) --> memilih (blok) seleksi text
l getSelectedText() --> mengambil teks terseleksi oleh select()
 

=>SYNTAX 
 
 


 
 
 =>APLIKASI
 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar